Alhamdulillah, Atlet ASEAN Para Games XI Diguyur Bonus Rp300 Miliar

By Indonesia Maritime News 28 Nov 2022, 17:07:48 WIB Olahraga
Alhamdulillah, Atlet ASEAN Para Games XI Diguyur Bonus Rp300 Miliar

Keterangan Gambar : Presiden Joko Widodo memberikan penghargaan dan apresiasi atas prestasi para atlet Indonesia yang berlaga di ajang ASEAN Para Games Ke XI. Foto: BPMI Setpres


Indonesiamaritimenews.com ( IMN),JAKARTA: Kontingen Indonesia berhasil mengharumkan nama bangsa di ajang ASEAN Para Games XI 2022 dengan menyabet gelar juara umum. Para atlet peraih medali diguyur bonus masing-masing berkisar Rp105 juta hingga Rp500 juta dari Presiden Joko Widodo.

Mereka menerima bonus secara langsung dari Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (28/11/2022). Tim Indonesia menjadi juara umum dengan total perolehan medali sebanyak 425 medali yang terdiri atas 175 medali emas, 144 medali perak, dan 106 medali perunggu.

Jokowi di halaman Istana Merdeka menyerahkan secara simbolis menyerahkan bonus apresiasi kepada perwakilan atlet peraih medali yaitu :

Baca Lainnya :

1. Emas tunggal (Rp500 juta) kepada Wilma Margaretha Sinaga, cabang olahraga catur tunanetra;

2. Emas ganda (Rp400 juta) kepada Subhan,  para-bulu tangkis;

3. Emas beregu (Rp350 juta) kepada Sudartatik, bola voli duduk;

4. Perak tunggal (Rp300 juta) kepada Ndaru Patma,  tenis kursi roda;

5. Perak ganda (Rp240 juta) kepada Wening Purbawati, boccia;

6. Perak beregu (Rp210 juta) kepada Yahya Muhaimi, CP sepak bola;

7. Perunggu tunggal (Rp150 juta) kepada Kholidin, para-panahan;

8. Perunggu ganda (Rp120 juta) kepada Osrita Muslim, para-tenis meja;

9. Perunggu beregu (Rp105 juta) kepada Danu Kuswantoro, basket kursi roda.

Dalam ASEAN Para Games XI 2022 yang berlangsung di Surakarta, kontingen Indonesia berhasil menjadi juara umum. Atas kerja keras para atlet tersebut, pemerintah memberikan bonus apresiasi dengan total mencapai lebih dari Rp300 miliar.

PRESIDEN APRESIASI 

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya mengapresisasi prestasi para atlet difabel Indonesia.

"Pertama-tama saya ingin menyampaikan penghargaan, menyampaikan apresiasi atas prestasi yang telah Bapak, Ibu, dan Saudara-Saudara raih dalam ASEAN Para Games di Kota Solo,” ujar Presiden.

"Atas motivasi, atas kerja keras Bapak, Ibu, dan Saudara-Saudara sekalian, pemerintah memberikan apresiasi bonus sebesar Rp309 miliar. Nanti baginya seperti apa, Pak Menpora. Seingat saya yang emas Rp500 juta, jumlah yang tidak sedikit," sambung Presiden.

Menurut Kepala Negara, capaian tersebut merupakan suatu kebanggaan bagi Indonesia sekaligus memberikan inspirasi bahwa Indonesia bisa menjadi juara umum. Presiden pun berharap agar prestasi tersebut bisa dipertahankan pada ajang serupa di masa depan.

"Ini adalah sebuah kebanggaan kita semuanya, menginspirasi kita semuanya bahwa kita bisa menjadi juara umum di ASEAN Paragames Ke-11 di Kota Solo. Semoga nanti di ASEAN Para Games yang ke-12, ke-13, terus raihan prestasi ini bisa kita pertahankan," kata Jokowi.

"Ini adalah sebuah kebanggaan kita semuanya, menginspirasi kita semuanya bahwa kita bisa menjadi juara umum di ASEAN Para Games Ke-XIdi Kota Solo. Semoga nanti di ASEAN Paragames yang ke-12, ke-13, terus raihan prestasi ini bisa kita pertahankan,” tandas Presiden.

Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Senny Marbun, dan Chef de Mission Kontingen Indonesia di ASEAN Para Games Ke XI Andi Herman.

Dalam kesempatan tersebut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, melaporkan bahwa ASEAN Para Games menjadi momentum membangkitkan semangat kesetaraan, inklusivitas, dan produktivitas tanpa membedakan. Salah satu bentuk kesetaraan tersebut adalah pemberian bonus yang sama dengan yang diraih atlet pada ajang SEA Games. 

Pesta olahraga kaum difabel Asia Tenggara adalah ajang olahraga dua tahunan untuk atlet-atlet yang mengalami cacat fisik. ASEAN Para Games diikuti oleh 11 negara yang terletak di Asia Tenggara. (Riz/ Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment