Hadapi Era Digital, Kolinlamil Gelar Latihan Fungsional Simulasi Jaringan Komputer

By Indonesia Maritime News 29 Agu 2023, 20:50:20 WIB Hankam
Hadapi Era Digital, Kolinlamil Gelar Latihan Fungsional Simulasi Jaringan Komputer

Keterangan Gambar : Dinas Informasi dan Pengolahan Data (Disinfolahta) mengadakan Latihan Fungsional Disinfolahta Triwulan III tahun 2023 dengan membekali para prajurit Kolinlamil mempelajari simulasi jaringan komputer.Foto: Dispenal



Indonesiamaritimenews.com (IMN),JAKARTA: Prajurit Kolinlamil TNI AL tidak boleh ketinggalan teknologi di era digital ini. Dinas Informasi dan Pengolahan Data (Disinfolahta) mengadakan Latihan Fungsional Disinfolahta Triwulan III tahun 2023 dengan membekali para prajurit Kolinlamil  mempelajari simulasi jaringan komputer.

Latihan fungsi Disinfolahta ini dibuka oleh Kepala Dinas Informasi dan Pengolahan Data Kolinlamil Kolonel Laut (KH) Budi Sulistiyono berlangsung di Gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (28/8).

Baca Lainnya :

Tujuan dari latihan ini yakni untuk memberikan pengetahuan tambahan tentang jaringan komputer kepada peserta mulai dari pengenalan jaringan komputer kepada peserta. Pengetahuan tersebut mulai dari pengenalan jaringan komputer, praktek instalasi kabel jaringan serta konfigurasi dan koneksi jaringan komputer LAN.

Dalam sambutannya saat membuka latihan, Kadisinfolahta Kolinlamil menyampaikan bahwa latihan kali ini akan berorientasi pada permasalahan-permasalahan jaringan komputer yang seringkali terjadi yang menyebabkan komputer tidak bisa terhubung dengan jaringan internet maupun intranet.

Kurangnya pengetahuan tentang jaringan komputer serta masih sulitnya mengkonfigurasi jaringan di satker masing-masing, menjadi dasar dilaksanakannya pelatihan jaringan komputer.

Dalam pelatihan ini peserta akan diajarkan dalam mempelajari simulasi jaringan komputer dilanjutkan dengan praktek langsung. “Sesuai dengan instruksi dari Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han, M.H, agar dalam setiap penyelenggaraan latihan di jajaran Kolinlamil baik penyelenggara maupun peserta harus serius dan bersungguh-sungguh agar tujuan dari pelatihan dapat tercapai,” ungkap Kadisinfolahta Kolinlamil.

Teknologi informatika saat ini tidak bisa terlepas dari kehidupan manusia. Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin berkembang pesat sejalan dengan berkembangnya kemajuan dunia di era globalisasi.

Berkaitan dengan hal tersebut Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali menekankan dalam Perintah Hariannya agar para prajurit TNI AL selalu meningkatkan kesiapan operasional, baik alutsista maupun satuan-satuan operasi, diikuti dengan peningkatan kemampuan (capability) dalam menjawab panggilan tugas yang saat ini selalu berkembang secara dinamis. (Ted/Oryza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook